Awas, Nasi Penyebab Diabetes, Ini Cara Mengkonsumsinya yang Benar

Awas, Nasi Penyebab Diabetes, Ini Cara Mengkonsumsinya yang Benar

Nasi menjadi makanan pokok bagi masyarakat yang tinggal di wilayah asia, termasuk indonesia. Sebagai salah satu jenis makanan yang menjadi sumber energi bagi manusia, ternyata nasi menjadi salah satu penyebab utama banyak masyarakat indonesia yang mengalami penyakit diabetes.

Nasi putih penyebab diabetes

Ada beberapa pakar kesehatan yang berpendapat bahwa nasi putih memberi sumbangan paling besar dibandingkan jenis makanan lain sebagai penyebab dari penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena kandungan karbohidrat dan gula yang sangat tinggi dalam nasi putih.

Penjelasan yang sama juga diungkapkan oleh badan kesehatan singapura yang telah mengidentifikasi salah satu penyebab utama penyakit diabetes khususnya di asia, ialah karena nasi putih, dimana sebagian besar masyarakat di asia masih menjadikan nasi putih sebagai salah satu kebutuhan pokok. Dan parahnya lagi, nasi putih juga dinilai lebih buruk dari minuman soda manis.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh harvard school of public health dan diterbitkan dalam journal british medical dengan melibatkan 350.000 orang yang dilakukan selama 4-20 tajhun menemukan fakta bahwa satu piring nasi putih yang dimakan secara teratur akan meningkatkan diabetes sebanyak 11%

Apa yang membuat nasi putih menyebabkan diabetes ?

 Nasi adalah karbohidrat sederhana dengan kadar indeks glikemik tinggi dengan angka mencapai 74. Selain itu nasi juga merupakan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat dengan mudah menaikan kadar gula darah dalam tubuh.

Pankreas menjadi organ yang bertugas untuk memproduksi insulin alami dalam tubuh yang kemudian akan diserap oleh otot dan lemak. Namun konsumsi nasi putih akan menyebabkan insulin lebih mudah diserap dalam darah, akibatnya adalah pankreas harus bekerja lebih keras untuk mengatasi hal tersebut.

Pankreas yang terus-menerus bekerja lebih keras melebihi kapasitasnya, lama-kelamaan akan menjadi kurang efisien dalam memproduksi insulin sehingga mengakibatkan gula diserap oleh tubuh.

Gula yang terserap dalam tubuh akan meninggalkan sisa dalam alirah darah akan menumpuk sehingga akan merusak ginjal. Pada saat ginjal mulai mengalami penurunan fungsinya atau mengalami kerusakan disaat itulah diabetes akan menyerang organ lain dalam tubuh seperti menyebabkan gagal ginjal, kebutaan dan sebagainya.

Cara mengatasinya

Akan sangat sulit bagi anda untuk menghapus nasi putih dari daftar makanan karena nasi menjadi makanan yang dikonsumsi sejak anda kecil. Namun anda tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara yang dilakukan agar anda tetap dapat mengkonsumsi nasi putih dan sekaligus menurunkan resiko diabetes akibat konsumsi nasi. Berikut adalah caranya

  1. Mulai membatasi jumlah nasi yang dikonsumsi setiap harinya. Pada pagi hari batasi konsumsi nasi sebanyak 120 gram, siang hari sebanyak 150 gram dan malam hari sebanyak 120 gram.
  1. Jangan mengkonsumsi nasi diatas jam 7 malam karena dijam tersebut metabolisme tubuh lebih lambat.

 

  1. Konsumsi sup sebelum mengkonsumsi nasi dapat membantu kerja pankreas menjadi lebih cepat dalam memproduksi insulin sehingga sistem pencernaan dapat memproses gula yang masuk dari makanan yang masuk kedalam tubuh.
  1. Selain sup, kaldu ayam menjadi pilihan lain yang bisa dikonsumsi sebelum mengkonsumsi nasi. Kaldu ayam akan membantu dalam menurunkan sepertiga kadar gula dalam darah. Untuk hasil yang maksimal , minum kaldu ayam 15-30 menit selum makan.
  1. Anda juga bisa meminum susu kedelai, 30 menit sebelum mengkonsumsi nasi. Susu kedelai tanpa campuran pemanis didalamnya mampu membantu dalam menurunkan dar gula yang terkandung dalam nasi.

Denga membatasi konsumsi nasi setiap harinya maka sama dengan menurunkan resiko penyakit diabetes yang mungkin saja anda alami dimasa mendatang. Nah, selamat mencoba.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *