Cara Mudah dan Aman dalam Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara Mudah dan Aman dalam Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal memiliki tugas penting untuk membuang zat-zat beracun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap harinya, dimana zat-zat beracun tersebut akan dibuang melalui urin. Tanpa ginjal maka tubuh akan mudah terserang oleh berbagai macam penyakit serius sehingga penting bagi Anda untuk memastikan ginjal dalam keadaan baik.

Dengan kata lain, pada saat Anda menjaga kesehatan ginjal sama dengan Anda menurunkan resiko tubuh terkena berbagai macam penyakir serius. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal ?

 

Olahraga Teratur

Olahraga secara rutin akan meningkatkan daya tubuh, meningkat stamina, memelihara kesehatan organ penting dalam tubuh termasuk jantung, paru-paru dan juga ginjal. Banyak penelian yang telah dilakukan membuktikan bahwa olahraga dapat membantu dalam memperlancar urin sehingga akan meringgankan kerja ginjal.

Perbanyak Minum Air Putih

Pastikan setiap harinya Anda mengkonsumsi minimal delapan gelas air putih. Air putih selain melindungi tubuh dari dehidrasi, air putih juga akan membantu kerja ginjal menjadi lebih ringan karena air putih akan memperlancar proses pembuangan urin.

Hindari Obesitas

Obesitas akan menyebabkan lemak terus bertambah dan menumpuk disekitar perut sehingga menyebabkan ginjal menjadi tertekan dan sesak. Hal ini akan mengakibatkan ginjal mengalami kesulitan dalam proses pembuangan racun melalui urin. Tidak heran apabila obesitas meningkat resiko ginjal mengalami masalah.

Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah sangat mempengaruhi kesehatan ginjal karena tingginya tekanan darah akan mempengaruhi kinerja kerja ginjal. Sehingga tekanan darah yang tinggi akan membuat ginjal harus bekerja lebih keras melebihi kemampuan dan hal ini meningkatkan resiko terjadi gangguan pada ginjal.

Menjaga Pola Makan

Mengkonsumsi makanan yang kurang sehat akan membuat ginjal harus bekerja dua kali lebih keras dalam membuang racun dalam tubuh. Sehingga disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah, sayuran dan makanan yang kaya akan vitamin, zat besi dan mineral yang akan membantu dalam menjaga kesehatan organ termasuk ginjal.

Menjaga Agar Tubuh tidak Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh akan mengakibatkan pembuangan urin menjadi tidak lancar sehingga akam membuat ginjal bekerja lebih keras. Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Menjaga Kadar Gula

Mereka yang memiliki masalah diabetes biasanya juga akan memiliki masalah dengan ginjalnya sehingga penting untuk mengurangi konsumsi gula untuk menjaga kadar gula dalam darah demi menjaga kesehatan ginjal dan terhindar dari diabetes.

Tidak Mengkonsumsi Obat Sembarangan

Sebaiknya selalu konsultasikan kepada dokter apabila Anda ingin mengkonsumsi obat dosis tinggi dan berapa lama obat tersebut harus dikonsumsi. Obat yang memiliki dosis tinggi tidak hanya berbahaya bagi kesehatan jantung namun juga akan membuat kerja ginjal menjadi lebih berat. Sebaiknya perbanyak minum air putih pada saat mengkonsumsi obat dengan dosis tinggi untuk meringgankan kerja ginjal.

Mengurangi Konsumsi Makanan Asin

Cobalah untuk mengurangi makanan asin seperti penyedap rasa, makanan kaleng, makanan ringan memiliki kandungan garam yang tinggi didalamnya.  Kandungan garam yang terlalu banyak dalam tubuh akan membuat garam mengendap dan timbunan tersebut lama-kelamaan akan mnejadi batu ginjal.

Stop Merokok

Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok apabila dikonsumsi secara terus-menerus akan menyebabkan penumpukan ditubuh dan ini menjadi penyebab utama terjadinya kanker ginjal yang disebabkan karena ginjal tidak lagi mampu untuk membuang racun dalam tubuh.

Hindari Stress

Stress yang dibiarkan secara terus-menurus dapat menimbulkan banyak penyakit salah satunya adalah penyakit yang terjadi pada ginjal. Karena itu cobalah untuk menggendalikan stress Anda dengan cara rutin berolahraga dan melakukan relaksasi

Dengan menjaga kesehatan ginjal sama dengan Anda menurunkan resiko terkena berbagai macam penyakit serius yang diakibatkan karena permasalahan pada ginjal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *